Wednesday, June 5, 2013

Ingin Cepat Kerja? Anda Harus Miliki Sifat Ini


Talkshow menjadi salah satu rangkaian unggulan Kompas Karier Fair Yogyakarta 2012. Kompas Gramedia pun turut berpartisipasi untuk memberikan motivasi kepada para pencari kerja atau jobseeker KKF Yogyakarta 2012. 

Yopie, seorang Development Officer Coorporate Human Resourch Kompas Gramedia, tak sungkan memberikan kiat-kiat dan strategi kepada para peserta KKF Yogyakarta 2012 untuk cepat mendapatkan pekerjaan yang mereka inginkan. 

"Kemampuan kita semuanya harus disesuaikan dengan cita-cita, financial, IQ, supporting skills, dan juga EQ. Semuanya harus disesuaikan agar kita tidak kehilangan arah nantinya," kata Yopie, di KKF Yogyakarta 2012, Jogja Expo Center, Yogyakarta, Kamis (11/10/2012). 

Selain itu, menurut Yopie, agar kita cepat mendapat pekerjaan dan perusahaan dapat melirik kita sebagai pilihan terbaik mereka, kita harus memiliki lima sifat ini. 

"Pertama, kita mencari orang yang smart. Tidak hanya di Kompas, tapi juga di semua perusahaan pasti mencari yang smart. Smart di sekolah tidak sama dengan smart di dunia kerja," kata Yopie. 

Smart di dunia kerja memiliki arti harus menjadi pintar secara technical skill dan soft skill. Selanjutnya, sifat yang harus dimiliki dalam pribadi seorang jobseeker adalah kreatif. 

Kreatif ini berarti sebagai jobseeker harus dapat mengembangkan potensi diri. Dapat berpikir dan bertindak, dan juga seseorang yang memiliki berjuta-juta imajinasi rasa ingin tahu. 

"Tentunya juga berani mengambil risiko. Orang kreatif itu bisa dilihat dari cara mereka dalam menyusun Curriculum Vitae (CV)," kata Yopie. 

Sifat ketiga yang harus dimiliki adalah memiliki integritas yang tinggi. 

"Ini berarti jujur, konsisten antara kata perbuatan, dan juga memiliki sifat sesuai dengan nilai-nilai perusahaan," ujar Yopie. 

Selanjutnya adalah teamwork. Di dalam teamwork, kita harus bisa bekerjasama dengan orang di sekitar kita. Harus bisa menempatkan diri kita menjadi anggota yang aktif tapi bukan dominan. 

"Kerjasama ini berbeda dengan sama-sama kerja. Kita harus mempunyai peran positif dalam sebuah kelompok dan juga dapat menerima kelebihan dan kekurangan anggota tim," ucap Yopie. 

Sifat terakhir, dikatakan Yopie, yang harus dimiliki oleh para jobseeker adalah sifat kepemimpinan atau leadership. 

"Seorang pemimpin itu harus bisa mengarahkan, memecahkan masalah, dan mengambil langkah strategis," kata Yopie. 

Selain memberikan motivasi, Kompas Gramedia juga berkesempatan untuk memperkenalkan Kompas Gramedia Group kepada peserta KKF Yogyakarta 2012. Dimulai dari Harian Kompas, Toko Buku Gramedia, publishing, sports and health media, Hotel, Kompas.com, jaringan radio, tissue mill, Warta Kota, Kontan, Kompas TV, dan sebagainya. KKF Yogyakarta 2012 ini digelar di Arjuna Hall, Jogja Expo Centre, Jalan Raya Janti, Yogyakarta. 

KKF Yogyakarta 2012 akan diselenggarakan selama dua hari berturut-turut, yakni Rabu (10/10/2012) dan Kamis (11/10/2012). Sebelum di Yogyakarta, KKF 2012 sudah diselenggarakan di Surabaya dan Bandung. 

Setelah Yogyakarta, dijadwalkan KKF 2012 akan digelar di Balai Kartini, Jakarta, mulai 2-3 November 2012. Selanjutnya, di Tiara Convention Hall, Medan, 21-22 November 2012 dan berakhir di Admiral Convention Hall, Semarang, pada 30 November-1 Desember 2012.

sumber : http://bisniskeuangan.kompas.com/read/2012/10/12/03143221/Ingin.Cepat.Kerja.Anda.Harus.Miliki.Sifat.Ini

0 comments

Posts a comment

 
© 2011 Peluang Bisnis Rumahan
Designed by Blog Thiết Kế
Back to top